Pertemuan 4: Apa Knowledge Management System itu?
Knowledge Management System
KMS adalah sistem dari KM
(Knowledge Management). Menurut Maier (2006) KMS merupakan teknologi
yang memungkinkan KM untuk berjalan dengan efektif dan efisien. Alavi
(2001) menjelaskan definisi KMS, yaitu sekelompok sistem informasi yang
diaplikasikan untuk mengelola knowledge yang terdapat di dalam
organisasi. KMS merupakan sistem yang berbasiskan teknologi informasi
yang dikembangkan untuk mendukung proses-proses inti dari KM yaitu,
penciptaan knowledge (knowledge creation), penyimpanan knowledge
(knowledge storage), pemindahan knowledge (knowledge transfer), dan
pengaplikasian knowledge tersebut (knowledge application) dalam
organisasi.
Dari
definisi diatas, sudah cukup jelas bahwa tujuan utama dari KMS adalah
untuk menciptakan efektifitas dan efisiensi kerja dari organisasi dengan
cara membawa knowledge yang telah ada sebelumnya sebagai dasar
pengambilan keputusan dan acuan kerja.
Menurut
Ronald Maier dalam jurnalnya yang berjudul “CENTRALIZED VERSUS
PEER-TO-PEER KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEMS”, mengungkapkan bahwa sebuah
KMS mempunyai karakteristik seperti dibawah ini :

Goals
Processes
Comprehensive Platform
Anvanced knowledge services
KM Instruments
Specifics of knowledge
Bingung?
ok dibuat lebih simple aja ya. Hal pertama yang harus di tetapkan
pertama kali dalam membuat KMS adalah menentukan Tujuan/Goals, untuk apa
KMS tersebut dibuat. Apakah untuk membantu senior manager untuk
mengambil keputusan?, atau untuk meningkatkan kompetensi dari para
pekerja?
Lalu ke bagian proses, sebuah KMS
dikembangkan untuk mendukung dan meningkatkan proses kerja yang selama
ini berjalan di organisasi, untuk mengidentifikasi tentunya harus
dilakukan beberapa hal untuk mengetahui bisnis proses yang selama ini
berjalan di organisasi seperti metode wawancara (ingat loh, knowledge
itu mengalir dalam proses bisnis). Jadi, lebih simple-nya, KMS itu
dibangun berorientasi pada proses bisnis
Hm..bingung dengan proses bisnis?ok dibahas sedikit ya, Menurut Davenport dan Short (1990) proses bisnis didefinisikan sebagai kumpulan taks yang secara logis berhubungan untuk memperoleh keluaran bisnis yang sudah didefinisikan. Menurut Sharp dan McDermott (2001) proses bisnis adalah kumpulan dari task yang saling berhubungan, berorientasi pada hasil akhir (outcome), dan ditujukan kepada pelanggan
Setelah
jelas apa tujuan dan teridentifikasi bisnis proses yang nantinya akan
didukung oleh KMS, lalu ditentukan arsitektur seperti apa yang cocok
untuk pengembangan KMS. Setelah itu barulah dipilih teknologi yang
sesuai dan tentunya tidak lupa struktur organisasi yang dapat membantu
KMS dapat terimplementasi dengan baik (Seperti CKO, Knowledge Steward,
Help desk, dll).
Akhir kata, sebuah KMS adalah
sistem pendukung dari KM. Peran KMS adalah membantu organisasi menjadi
lebih efektif, KMS dapat menggantikan peran seseorang, ataupun membantu
mempermudah pekerjaan yang dilakukan.
by:http://technoair.blogspot.com
Tidak ada komentar: